Sistem Operasi Komputer Dan Fungsi nya

Sistem Operasi Komputer Dan Fungsi nya - Halo Sobat Lihat Sini, Kali Ini Saya Mau Share Tentang Sistem Operasi Komputer Dan Fungsi nya. Di era teknologi informasi ini kita semua tentunya tidak dapat di pisahkan dengan penggunaan komputer dalam kehidupan sehari hari. Berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan mengolah data, membuat berbagai desain grafis yang menarik dan banyak lagi aktifitas lain yang dapat kita kerjakan dengan lebih cepat, lebih baik dan tentunya dengan hasil yang  lebih akurat dengan memanfaatkan teknologi komputer.
 
Tapi pernahkah kita berpikir apa yang membuat sebuah komputer bisa melakukan semua hal itu untuk memudahkan pekerjaan kita.? Perlu untuk kita ketahui bahwa sebuah komputer tidak lebih dari rangkain berbagai komponen yang tidak berarti apa apa atau bisa di katakan lumpuh,jika di dalam komputer itu sendiri tidak ada  Sistem Operasi atau di singkat OS dalam bahasa Inggrisnya.
 
Sistem Operasi komputer dapat di jelaskan sebagai sebuah perangkat lunak (Software) yang bertugas untuk melakukan kontrol dan mengatur  fungsi dari perangkat keras (Hardware). Di dalam nya terdapat bagian inti yang di sebut kernel yang bertugas melakukan pelayanan dasar untuk mendukung bekerja nya software aplikasi lain  nya seperti pengolah data, edit foto,bekerjanya sebuah browser dan lain lain. Jika digambarkan dengan sebuah bagan maka Sistem Operasi ini terletak di  bagian paling dasar yang menghubungkan Hardware dengan aplikasi lain diatasnya sehingga bisa di tampilkan kepada user.
 
Sistem Operasi itu sendiri tersimpan secara permanen pada sebuah Harddisk dan akan langsung bekerja begitu komputer di hidupkan, berbeda dengan aplikasi lain di atasnya yang baru bisa bekerja setelah Sistem Operasi ini berjalan. Peran Sistem Operasi sangat di butuhkan untuk melakukan pelayanan seperti membagi penggunaan memori, mengatur agar beberapa aplikasi dapat berjalan secara bersamaan pada sebuah CPU tanpa saling bertabrakan, termasuk juga menampilkan serta melakukan penyimpanan hasil pengolahan data.
Secara umum saat ini kita mengenal ada tiga macam Sistem Operasi komputer yang masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing sebagai berikut :

Microsoft Windows atau kita kenal sebagai Windows

MS.Windows merupakan Sistem Operasi buatan raksasa teknologi informasi Microsoft, dan merupakan Sistem Operasi komputer yang paling banyak di gunakan saat ini, sekitar 90 persen dari total pengguna komputer di dunia ini menggunakan Windows sebagai Sistem Operasi komputernya, termasuk saya dan mungkin kebanyakan dari anda. Windows merupakan evolusi hasil pengembangan dari MS DOS yang berbasis teks dan comand.

Linux

Pada dasarnya Linux merupakan Sistem Operasi yang berbasis pada tipe UNIX yang bersifat open source atau terbuka untuk di kembangkan oleh siapa pun dan bisa di dapatkan secara gratis. Nama Linux itu sendiri di ambil dari nama penciptanya yaitu Linux Torvalds yang memperkenalkan Sistem Operasi ini pada tahun 1991 silam. Karena memiliki source kode yang terbuka dan mudah untuk di edit maka Linux mengalami pertumbuhan yang relatif cepat dan memiliki berbagai versi salah satu nya Ubuntu.

Mac OS

Mac OS merupakan singkatan dari Macintosh Operating System, sebuah Sistem Operasi besutan Apple Computer yang di perkenalkan pada tahun 1984 dan di tujukan khusus untuk komputer Macintosh buatan nya. Perlu di ketahui di karenakan beberapa hal tertentu Mac OS ini tidak dapat berjalan pada komputer buatan IBM. Oleh beberapa kalangan Sistem Operasi ini sering di golongkan ke dalam Sistem Operasi  yang berbasis pada tipe UNIX. Salah satu kelebihan dari Mac OS terletak pada tampilan antar muka nya yang terlihat sangat memukau, sehingga di gunakan sebagai acuan oleh beberapa pihak dalam mengembangkan Sistem Operasi lain nya.
 
Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: